Chevrolet (Opel) Blazer banyak menggunakan komponen elektronik. Baik itu berupa sensor-sensor, maupun komponen lain dalam sistem mesinnya. Komponen-komponen elektronik tersebut, tidak bisa dipandang sebelah mata mengingat fungsinya yang vital dan terkait dengan mekanisme kerja mesin secara keseluruhan. Akan tetapi, ada hikmah dibalik banyaknya komponen-kemponen elektronik tersebut. Salah satu yang paling terasa adalah, pemilik bisa mengetahui adanya keganjilan dalam sistem mekanis mesin. Keganjilan-keganjilan tersebut, bisa terdeteksi lebih dini hanya dengan melihat panel odo meter saja. Terkadang, solusinya pun cukup dengan menggoyang soket pada komponen elektronik tersebut (terutama sensor-sensor), mobil pun sudah kembali sedia kala. Pada kesempatan ini, yang akan dibahas mengenai komponen elektronik adalah
ICM.
APA ITU ICM?
ICM adalah triger untuk pengapian sebagai pengganti platina, CDI atau Ignition Transistor Module. Kerusakan pada
ICM dapat disebabkan oleh usia komponen itu sendiri atau overload akibat dari koslet di jalur wiringnya ataupun karena koil retak. Di Dalamnya terdiri dari dua transistor utama sebagai pemutus arus agar dapat membangkitkan tegangan scunder pada coil sampai dengan 20.000 Volt keatas. Berikut adalah wiring ICM Chevrolet (Opel) Blazer.
APA FUNGSI ICM?
Seperti yang telah dipaparkan di atas, bahwa fungsi utama ICM adalah "sebagai triger untuk pengapian sebagai pengganti platina, CDI atau Ignition Transistor Module". Pada audiobbm.com dijelaskan bahwa "Part ini (ICM) berupa perangkat circuit elektronika hybrid yang berfungsi sebagai switching tegangan tinggi yang terdiri dari transistor, dioda dan komponen pasif yang digabungkan dalam wadah plastik keras, seperti halnya IC hybrid." Konon menurut web tersebut, ICM bisa saja dibuat sendiri hanya saja sedikit sulit menemukan komponen transistor yang bisa digunakan disini. Bahkan di Pasar Lapak Chevrolet (Opel) Blazer sudah ada yang menjual ICM DIY yang beberapa penggunanya merekomendasikan produk ICM DIY karena harga dan manfaatnya OK.
POSISI ICM DI CHEVROLET (OPEL) BLAZER
Mengenai Posisi ICM pada Chevrolet (Opel) Blazer, akan lebih jelas jika langsung melihat penampakannya. Berikut penampakan posisi ICM pada mobil Chevrolet (Opel) Blazer!
Berdasarkan gambar di atas, jika dideskripsikan, maka posisi
ICM pada mobil Chevrolet (Opel) Blazer berada tepat didepan (kanan) supir. Tepatnya, ada di dekat
booster rem.
ICM langsung menempel dengan body mobil. Selain sebagai dudukan
ICM, body mobil yang berbahan besi, juga bisa bermanfaat sebagai peredam panas dari
ICM. Jadi,
ICM tidak perlu lagi menggunakan peredam panas lainnya seperti plat alumunium, heatsting (seperti processor komputer), dan lain sebagainya. Sebab, body mobil juga sudah bisa menjadi penyeimbang (peredam panas) dari
ICM. Walaupun memiliki manfaat sebagai peredam panas, menurut hasil "gelar tiker" pada forum blazer indonesia, dengan pembicara opa Baracuda (Master Blazer/alumni Genereal Motor),
ICM tidak akan mengeluarkan panas selama tidak ada permasalahan dalam sistem kelistrikan seperti overload arus.
BEBERAPA CIRI ICM BERMASALAH
Adapun permasalahan yang timbul akibat ICM yang bermasalah diantaranya adalah mesin pincang. Misalnya hanya 2 silinder yang hidup. Untuk memastikannya, kita harus memeriksa juga kondisi kabel-kabel busi, beserta kondisi coil. Jika kabel-kabel serta busi tidak bermasalah, mungkin ICM yang bermasalah. Terkadang, cukup dengan memeriksa kondisi soket, penyakitnya sudah hilang. Artinya, posisi soket tidak menempel dengan baik. Selain mesin pincang, ICM yang rusak juga bisa mengakibatkan mesin tidak mau hidup sama sekali.
BEBERAPA PRODUK ICM YANG BIASA DIGUNAKAN UNTUK BLAZER
|
ICM Chevrolet (Opel) Blazer Merk Bosh - German (sumber: Group Forum Blazer Indonesia) |
|
ICM Chevrolet (Opel) Blazer Merk Huco - German (sumber: Group Forum Blazer Indonesia) |
|
ICM Chevrolet (Opel) Blazer DIY (sumber: Facebook Owner ICM DIY / Seller) |
Mudah-mudahan tulisan yang rada ngelantur ini bisa memberikan manfaat kepada pembaca, terutama para pengguna mobil
Chevrolet (Opel) Blazer. Mobil ini termasuk mobil ekslusif (relatif jarang dibandingkan dengan mobil mainstream). Tidak semua bengkel mengerti cara kerja mobil ini, bahkan mungkin tidak semua bengkel memiliki stok kunci-kunci untuk keperluan repair mobil ini. Tulisan ini seperti 1 tetes air di gurun sahara (#lebay). Walaupun isinya sedikit, tapi akan sangat bermanfaat bagi pemilik Blazer yang jauh dari bengkel spesialis Blazer (#narsis="mode on"). Paling tidak, sebagai pengguna kita mengetahui komponen-kompenen apa saja, kemudian fungsinya untuk apa, agar ketika ada permasalahan, mudah untuk mencari solusinya.