Booster Rem merupakan bagian penting dari sebuah sistem kendaraan bermotor roda 4. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai cara Cek Booster Rem (Chevrolet) Opel Blazer. Mengingat pentingnya peran Booster Rem, tentu tulisan ini akan sangat bermanfaat. Baik untuk pengecekan rutin harian, apalagi jika hendak meminang Kebo Blazer. Bisa dibayangkan, setelah itung-itungan, kalkulasi sana-sini, hingga ketemu harga yang dianggap paling cocok dengan semua kondisinya. Ternyata kondisi booster rem sudah tidak baik walaupun masih bisa digunakan. Jika masih bisa diperbaiki, tentu masih wajar. Tapi, jika harus ganti tentu bisa jadi penyesalan mengingat harganya yang mencapai 1,7jt. Sebelum membeli, alangkah baiknya dilakukan pengecekan terlebih dahulu. Baik, berikut adalah prosesnya.
CEK BOOSTER REM CHEVROLET (OPEL) BLAZER
- Putar kunci kontak pada posisi OFF (mesin mati).
- Kocok (tekan-lepas) pedal rem secara berulang untuk mendapatkan posisi pedal rem tertinggi (kaki tetap menekan pedal rem). Biasanya, dalam kondisi mesin mati, kalor pedal rem terus di kocok, lama-kelamaan akan terus menguat/mengeras.
- Hidupkan mesin.
- Pada saat mesin sudah hidup, pedal rem akan turun dengan sendirinya (posisi kaki tetap menekan pedal rem).
- Kemudian matikan mesin.
- Pada saat mesin mati, maka pedal rem harus tetap pada posisi terbawah, dan pedal akan naik apabila Anda melakukan pengocokan kembali.
Apabila hasil pengujian ternyata tidak sesuai dengan langkah-langkah di atas tadi, ada kemungkinan
booster rem memang bermasalah. Jika terbukti bahwa
booster rem bermasalah, untuk mengatasinya maka Anda harus membawa mobil Anda segera ke bengkel terdekat. Sebab, minimal booster rem harus dioverhoul bahkan mungkin juga harus diganti. Untuk dua hal ini, tentu saja sebaiknya jangan Anda lakukan sendiri.
Jika langkah ini telah ditempuh, kemudian tidak ada keganjilan pada saat
Cek Booster Rem, akan tetapi ketika digunakan bermasalah (keras, dll.), mungkin perlu pengecekan komponen lain pada sistem pengereman mobil. Mungkin disebabkan oleh masalah pada pemasangan one way valve, atau pada kevacuman, dll.
6 langkah sederhana, tanpa melibatkan alat, dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Mudah-mudahan tulisan ini bisa memberikan ilmu baru bagi pecinta
Chevrolet (Opel) Blazer dengan seluruh mitosnya. Tak kenal maka tak sayang, maka kenali lebih jauh Blazer anda, Ata bisa menyayanginya seutuhnya. Terimakasih banyak kepada kawan-kawan FBI (Forum Blazer Indonesia) yang sudah berkenan untuk berbagi informasi mengenai Blazer.
sumber : Forum Blazer Indonesia (Facebook)