Ketika mengikuti kegiatan sosialisasi fitur baru DAPODIKDAS, salah satu agendanya adalah penyampaian informasi proses Verval PD. Dan ternyata, di sekolah saya ada 175 siswa yang belum melakukan verval untuk mendapatkan NISN. Salah satu faktor penyebabnya adalah sulit login. Hal seperti ini, mungkin dialami juga oleh OPS lainnya. Bahkan pada saat sosialisasi yang dihadiri oleh 43 OPS se kecamatan, ditemui beberapa kasus yang sama.
Proses Verval PD dilakukan melalui website kemdikbud, tepatnya
vervalpd.data.kemdikbud.go.id. yang diawali dengan proses log-in / sign in. Ada 2 jalur masuk yang bisa digunakan. Akun pengelola / OPS Dapodik, dan akun yang didaftarkan di
sdm.data.kemdikbud.go.id. Dari 2 jalur tersebut, yang potensial menjadi penyebab
masalah gagal login verval PD adalah jalur pertama yaitu melalui akun pengelola dapodik. Berikut adalan beberapa kasus yang menjadi penyebab
gagal login verval PD.
- Login Melalui Akun Dapodik. Secara tertulis, Verval PD bisa dilakukan dengan menggunakan akun Dapodik. Faktanya, sulit login dengan menggunakan akun dapodik. Terkadang muncul pemberitahuan bahwa kode capcha yang dimasukkan tidak cocok dengan gambar, bahkan kadang pemberitahuan yang muncul adalah user name atau password tidak terdaftar. Mungkin masalah ini muncul karena proses registrasi akun dapodik dilakukan secara offline. Jadi data pengelola belum masuk ke server pusat, sehingga tidak bisa dijadikan dasar untuk masuk pada fasilitas Verval PD. Solusinya adalah dengan melakukan singkronisasi dapodik terlebih dahulu, kemudian coba login kembali.
- Double Email. Untuk memastikan masalah utama yang menjadi penyebab gagal login Verval PD, alangkah baiknya langsung menghadap ke admin dapodik tingkat kabupaten. Biasanya, mereka memiliki akses untuk melihat semua akun yang menjadi wilayah garapannya.
Cara yang "gampang" dilakukan, serta potensi kesuksesannya sangat tinggi yaitu dengan registrasi ulang. Caranya tinggal masuk ke sdm.data.dapodik.go.id, kemudian pilih menu "registrasi anggota", pilih "operator sekolah" (untuk registrasi akun operator sekolah). Caranya gampang, tinggal mengisi form biodata. Seluruh data sekolah mulai dari provinsi, kabupaten, kecamatan, serta daftar sekolah, tinggal dipilih melalui menu yang ada. Pastikan koneksi internet dalam kondisi yang baik (cepat). Selain isian data, yang paling penting adalah scan surat tugas operator (cap basah/asli). Surat ini nantinya akan digunakan untuk memverifikasi kebenaran tugas OPS yang registrasi. Setelah proses pengisian data dilakukan, hasil scan selesai di upload, tinggal klik registrasi. Waktu verifikasi berlangsung relatif cepat, tinggal tunggu email konfirmasi. Login melalui akun yang diregistrasikan di sdm.data.kemdikbud.go.id, jauh lebih lancar dalam mengakses. Bahkan, setelah registrasi akun disini, belum pernah mendapatkan masalah lagi (gagal login).
Semoga, tulisan ini bisa bermanfaat. Jangan menunda untuk berbagi info ini, karena mungkin ada kawan kita yang sedang membutuhkannya.
casino, poker https://vannienailor4166blog.blogspot.com/ room, blackjack, bingo room, blackjack, bingo room, poker room, poker room, poker room, bsjeon poker room, 바카라 사이트 poker room, poker 1xbet app room, https://septcasino.com/review/merit-casino/
bisa jadi ICM, bisa jadi juga kabel yg mengarah ke system ICM. karna pada blazar system pengapian 1 dan 4 itu pasangan, 2 pasangan sama 3
2. Untuk guru tambahan, harusnya dibarengi dengan SK penugasan disekolah lain (dari admin sekolah inti). Dan harus kita aprove sebagai guru tambahan disekolah kita.
1) disekolah saya ada beberapa guru baru yang belum punya nuptk/peg-id, karena dia baru sehingga tidak bisa dibuatkan peg-id, nah... ketika saya (OPS) membuat jadwal mingguan, nama guru tersebut tidak bisa muncul, gimana solusinya?
2) disekolah saya juga banyak guru sertifikasi dengan tambahan jam ( Bukan guru murni/asli dari sekolah kami), sedangkn guru2 tersbut terdaftar memiliki satminkal di sekolah masing2, guru2 ini juga tidak bisa muncul di jadwal mingguan. Bagaimana solusinya? tolong....